Adobe Photoshop

Hasil gambar untuk logo photoshop pngAkhirnya.. setelah sekian lama libur, setelah kerjaan dunia nyata selesai (belom selesai semua sih benernya [KELAS FOTOGRAFI] TIPS EDITING DENGAN LR MOBILE (DASAR)), kali ini kita sedikit menyimpang dari tema bercakap. 

Jadi, mulai thread ini dan seterusnya, kita akan bahas tips editing foto menggunakan salah satu aplikasi editing foto di android yang sedang banyak di pakai saat ini, yakni Adobe Photoshop.

LR Mobile sudah lama di percaya oleh para fotografer untuk melakukan editing dan retouching pada foto hasil karya mereka, karena aplikasi ini memiliki banyak tools yang berguna banget.

Kita mulai deh ya, mulai kenalan dulu biar makin sayang. Kita kenalan sama tools-tools yang ada di LR Mobile berikut fungsinya satu persatu.

1. IMPOR FOTO
Saat setelah membuka aplikasi ini, kalian akan dihadapkan tampilan antar muka seperti foto di bawah. Tap di tombol add photos di pojok kanan bawah untuk menambah foto kalian.


2. CROP
Tools ini berfungsi untuk mengatur ukuran  rotasi, meluruskan, dan membalik foto kalian.
  • Default Preset (submenu paling kiri) : submenu ini berisikan rasio default yang umum di gunakan untuk memotong gambar, seperti rasio 1x1, 2x3, 3x4, 4x5 dan lainnya.
  • Locked (icon gembok) : secara default ukuran crop kalian akan terkunci pada rasio asli yang foto kalian miliki, jadi kita hanya bisa memotong sebesar rasio asli pada foto. Saat kalian tap sub menu ini, maka akan ter-unlock dan kalian bisa memotong foto sesuak kalian tanpa berdasar pada rasio asli pada foto.
  • Straighten : berfungsi meluruskan foto secara otomatis
  • Rotate L dan R : berfungsi memutar foto kalian mengikuti arah jarum jam atau sebaliknya
  • Flip H & V : Membalik foto kalian sevara horisontal atau vertikal


3. PROFILES
Pada menu ini, terdapat setingan editan (preset) bawaan aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mengedit foto dengan sekali tap saja.


4. LIGHT
Nah, di menu ini kita sudah masuk ke tahap dasar alat-alat yang digunakan untuk mengedit foto. Di sini ada beberapa alat yang bisa kalian gunakan untuk mengatur gelap terangnya suatu foto.
  • Exposure : berfungsi mengatur pencahayaan foto secara keseluruhan
  • Contrast : Menambah dan mengurangi area gelap dan terang pada foto. Contoh, semakin kalian tambah nilai kontrast, makah area terang semakin terang dan area gelap juga akan semakin gelap, selain itu kontrast memiliki peran untuk menambah kesan tajam pada foto
  • Highlights : Mengatur area tertentu pada foto yang sifatnya terang, kalo ane sering mengartikan highlights sebagai area silau pada foto
  • Shadow : Kebalikan dari Highlights, shadow berfungsi mengatur area tertentu pada foto yang sifatnya gelap.
  • Whites & Black : masing & masing mengatur intensitas warna putih dan hitam pada foto
  • Curve : pilihan lain untuk mengatur area terang dan gelap pada foto dengan mnempatkan titik pada area highlights, shadow dan midtones dengan cara menggeser kurva yang ada didalamanya.


5. COLOR
Nah, di menu ini kalian bisa mengatur segala hal tentang warna dalam foto, simak yuk!
  • White Balance : Artinya adalah keseimbangan warna putih pada foto. Kamera tidak seperti mata kita yang dengan canggihnya bisa melihat warna putih pada kondisi temperatur cahaya apapun. Untuk itu, perlu mengature temperature dan tint agar warna putih pada foto bisa terdeskripsi dengan jelas. Tips, gunakan color picker (icon drop di sebelah kanan white balance) dan arahkan ke area warna abu-abu pada foto agar mendapatkan white balance yang sesuai dengan kondisi pewarnaan asli saat foto diambil.
  • Temperature : berkaitan dengan white balance, tools ini berfungsi mengatur warna suhu pada foto. semakin ke kiri semakin biru yang artinya foto terkesan dingin atau semakin ke kanan semakin kuning yang artinya foto semakin hangat
  • Tint : pewarnaan pada temperature, agar foto tidak terlalu hijau atau pink
  • Vibrance : berfungsi untuk menegaskan warna tanpa mengubah level saturasi pada foto
  • Saturation : berfungsi menambah intensitas/level saturasi pada foto
  • B & W : berfungsi mengkonversi foto berwarna ke dalam foto hitam putih tanpa meninggalkan unsur RGB (Red, Green & Blue)
  • Mix : Di versi PC, tools ini dikenal dengan sebutan HSL (Hue, Saturation, dan Luminence). Secara keseluruhan, tools ini berfungsi mengedit warna dasar pada foto (MerahJinggaKuning, HijauToskaBiruUnguMagenta). Hue berfungsi mengatur variasi warna pada warna tertentu, Saturation mengatur level warna pada warna tertentu, dan Luminence mengatur gelap terangnya warna pada warna tertentu.


6. EFFECTS
Nah, di tools ini merupakan sentuhan akhir setelah kalian selesai dengan tools Light dan Color.
  • Clarity : berfungsi memberikan kesan tajam pada foto
  • Dehaze : berfungsi mengatur fade (kabut) pada foto
  • Vignete : menambahkan warna hitam atau putih di pinggir foto
  • Grain : menambahkan grain atau noise pada foto


7. DETAIL
Tools ini berfungsi untuk menambahkan ketajaman pada foto, tapi berhati-hatilah menggunakannya atau foto kalian akan penuh noise karena tools ini [KELAS FOTOGRAFI] TIPS EDITING DENGAN LR MOBILE (DASAR)
  • Sharpening : Menambah ketajaman pada foto
  • Noise Reduction : Mengurangi noise atau bintik-bintik pada foto, biasanya terjadi di area gelap sebuah foto atau pada foto dengan kondisi low light


8. LENS PROFILE CORRECTIONS
Fitur ini berfungsi untuk mengatur karakter lensa yang kita pakai. Sayangnya untuk foto hasil kamera handphone, tools ini kurang bermanfaat saat digunakan.

9. GEOMETRY
Tools ini berfungsi mengatur perspective suatu foto, tapi untuk menggunakan tools ini kalian harus subskrispi atau berlangganan dan membayarnya.

10. RESET
Kurang puas dengan hasil editan kalian? tenang saja, ada tombol reset yang bisa mengembalikan foto kalian ke kondisi awal sebelum di edit.


Berikut ialah hasil edit foto menggunakan Adobe Photoshop

BEFORE EDIT

AFTER EDIT

Well, sekian dulu thread kali ini, hasil lengkapnya dapat dilihat di 



Signing Off, [KELAS FOTOGRAFI] TIPS EDITING DENGAN LR MOBILE (DASAR)
Andreas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mari Jujur

Bercakap Yang Baik (Julian Treasure)